Deprecated: mysql_pconnect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/inrasff/public_html/class/db_obj.php on line 21
:: INRASFF :: - Berita
 
Home » Berita

KOORDINASI BADAN POM DAN KEMENTERIAN PERTANIAN DALAM IMPLEMENTASI INRASFF

Date : 07 March 2013
Koordinasi Badan POM dan Kementerian Pertanian dalam Implementasi INRASFF

Komitmen, koordinasi dan kerjasama yang kuat antar instansi dalam implementasi Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF) sangat penting agar sistem INRAFF berjalan secara optimal. Sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan hal tersebut telah diadakan pertemuan antara Dr. Roy A Sparringa, MApp.Sc, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Badan POM RI dengan Ir. Hari Priyono, MSi, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, pada tanggal 6 Maret 2013 bertempat di Kementerian Pertanian.

Pertemuan yang diadakan selama 2 (dua) jam tersebut membahas mengenai peran Badan POM dan Kementerian Pertanian dalam rangka mensukseskan implementasi INRASFF yang merupakan salah satu program unggulan dalam Sistem Keamanan Pangan Terpadu berdasarkan Keputusan Menko Kesra No. 23/ 2011 tentang Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Nasional. Dalam pernyataannya Sekjen Kementan sangat mendukung penerapan INRASFF khususnya dalam pertukaran data dan informasi penolakan produk pangan impor di perbatasan. Kedua pihak sepakat untuk memperkuat Competent Contact Point di masing-masing instansi dan berharap kerjasama ini dapat terus dilakukan serta mengikutsertakan instansi terkait lainnya sehingga lebih terintegrasi.

Implementasi INRASFF secara optimal diperlukan dalam rangka persiapan Indonesia bergabung dengan ASEAN RASFF pada 2014. Pelaksanaan ASEAN RASFF telah didukung oleh ASEAN melalui endorsement ASEAN RASFF Steering Committee pada pertemuan 34th SOM AMAF Meeting, Vientiane, Laos, 28 September 2012. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan INRASFF dapat terimplementasi dengan baik sebagai suatu tools yang efektif dalam rangka penyelesaian masalah keamanan pangan di tingkat global dan perlindungan masyarakat terhadap produk pangan yang berisiko di Indonesia.

Sekretariat National Contact Point

Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed


Hints : 4097

Berita Lainnya ...